Saturday 4 June 2011

Kiat Sehat di Usia Senja

Jakarta - Panjang umur dan awet muda menjadi dambaan hampir setiap manusia. Untuk itu, berbagai cara dilakukan untuk menembus dimensi penuaan, salah satunya dengan terapi alternatif menggunakan rempah-rempah dan obat-obatan herbal. Namun, apakah cara ini efektif untuk para manula? Berikut metode terapi efektif bagi para manula yang ingin terlihat awet muda.

1. Relaksasi
Relaksasi adalah suatu jenis terapi untuk penanganan kegiatan mental dan menjauhkan tubuh dan pikiran dari rangsangan luar untuk mempersiapkan tercapainya hubungan yang lebih dalam dengan Pencipta. Teknik relaksasi ini dapat dicapai dengan metode hipnosis, meditasi yoga, dan bentuk latihan-latihan yang ada hubungan dengan penjajakan pikiran.

2. Meditasi
Metode ini dilakukan dengan 'menghilang dari tekanan dan gangguan kehidupan sehari-hari dan dengan demikian mampu menerima hal-hal lain seperti perasaan dan gagasan yang lebih dalam, produk pikiran tak sadar, kedamaian, dan kesadaran spiritual.

Meditasi cenderung menurunkan atau menormalkan tekanan darah, detak jantung, dan tingkat hormon stres dalam darah. Pendek kata, meditasi mengurangi keausan dan kerusakan, baik pada tubuh maupun pikiran, sambil menolong orang untuk hidup lebih baik serta lebih lama.

3. Visualisasi
Antropolog, Claude Levi Strauss mengamati sebagian besar pengobatan tradisional di seluruh dunia didasarkan pada manipulasi psikologis terhadap organ yang sakit dengan cara visualisasi yang sangat hidup yang dibawa ke dalam alam pikiran pasien.

Dalam sebuah studi yang dilaporkan dalam pada 1984, dr. Nicholas Hall dari George Washington Medical Center di Washington D.C , menemukan visualisasi meningkatkan jumlah sel darah putih yang beredar dan juga timosin alfa '1' yang berguna meningkatkan jumlah sel darah putih yang disebut sel 'T' helper.

Menggunakan teknik visualisasi gambaran atau imajinasi yang dilakukan harus dipilih oleh orang itu sendiri dimana gambaran ini harus merupakan gambaran yang dapat dilihat oleh orang itu di mata jasmaninya. Bayangan atau imajinasi ini harus merupakan bayangan yang dirasa betul-betul nyaman bagi si pasien.
(krt/krt)

Sumber : http://today.co.id/read/2011/04/04/2..

No comments:

Post a Comment